Turut Berduka, MPR Dorong Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI di Beirut

Turut Berduka, MPR Dorong Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI di Beirut

singaporeclassifiedwebsite.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) sampaikan bela sungkawa atas ledakan besar yang berlangsung di Ibu Kota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/2020) waktu ditempat. Ledakan besar di Lebanon ini tewaskan 135 orang serta melukai 5.000 orang yang lain. Beberapa puluh orang masih dipastikan hilang serta 300.000 orang harus pindah.

“Saya sampaikan duka cita dalam atas jumlahnya korban jiwa yang jatuh karena ledakan di Beirut. Mudah-mudahan mereka yang wafat diberi tempat yang wajar oleh Allah, serta korban yang beberapa luka selekasnya diberi kesembuhan,” tutur Bamsoet dalam penjelasannya, Kamis (6/8/2020).

Bekas Ketua DPR RI ini juga minta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk selalu mengawasi perubahan pascaledakan bom itu, termasuk juga pastikan keselamatan WNI di Beirut. Sekarang ini jumlah WNI yang ada di Lebanon sekitar 1.447 orang.

“Kemenlu harus terus memantau perubahan beberapa korban. Selama ini, KBRI Beirut memberikan laporan cuma seseorang sebagai korban beberapa luka. Kita harap tidak lagi ada WNI sebagai korban,” kata Bamsoet.

Baca juga : Ledakan di Lebanon, Seorang WNI Terluka

Kepala Tubuh Bela Negara FKPPI ini menggerakkan pemerintah bisa memberi pertolongan kemanusiaan pada pemerintah Lebanon. Karena jalinan di antara Indonesia dengan Lebanon telah berjalan lama.

“Jalinan diplomatik sah Indonesia serta Lebanon telah terikat semenjak tahun 1950. Serta, Lebanon adalah negara ke-3 yang mengaku kemerdekaan Indonesia, sesudah Mesir serta Suriah,” papar Bamsoet.

“Karena itu, saya menggerakkan pemerintah dapat memberi pertolongan kemanusiaan pada pemerintah Lebanon,” tambah Bamsoet.

Selanjutnya Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menyarankan semua WNI di Lebanon untuk selalu tenang serta siaga. Beberapa WNI diharap untuk ikuti semua perintah yang dikeluarkan oleh KBRI Beirut.

“Terus kerjakan pengaturan serta turuti semua kebijaksanaan yang dibikin KBRI Beirut. Bila berasa tidak aman atau cemas berlangsung suatu hal, jangan enggan-segan melapor ke KBRI. Telah jadi pekerjaan KBRI untuk jamin keamanan serta keselamatan WNI yang ada dari sana,” tandas Bamsoet..
(akn/ega)

Add a Comment