Hukum Sholat Jumat saat Idul Adha, Begini Penjelasannya

Hukum Sholat Jumat saat Idul Adha, Begini Penjelasannya

singaporeclassifiedwebsite.com – Idul Adha tahun ini jatuh pada Jumat (31/7/2020) yang dirayakan dengan sholat serta pemotongan hewan kurban. Tentu saja penerapan hari raya harus memerhatikan prosedur penjagaan COVID-19.

Buat muslim lelaki, Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat kemungkinan memunculkan ketidaktahuan. Apa harus menjalankan Sholat Jumat seperti umumnya? Atau jalankan sholat dzuhur seperti umumnya?

Hukum Sholat Jumat waktu Idul Adha dapat disaksikan di situs FatwaIslam yang ambil dari buku Fatawa Islamiyah. Ketetapan itu berlaku waktu Idul Fitri serta Idul Adha atau yang umum disebutkan sholat ied.

“Siapapun yang lakukan sholat ied pada hari Jumat diizinkan tidak hadiri Sholat Jumat pada hari itu, terkecuali untuk imam yang harus pimpin sholat. Imam harus lakukan pekerjaannya bila ada jamaah yang ingin lakukan Sholat Jumat,” catat situs itu.

Baca juga : Kasus WNI Positif Corona di Luar Negeri Jadi 1.245, Ini Sebarannya

Ketetapan untuk imam ini berlaku untuk jamaah yang tidak atau hadiri sholat ied. Bila tidak ada yang ingin menjalankan Sholat Jumat, karena itu imam harus memperingatkan serta pimpin penerapan sholat dzuhur.

Hukum Sholat Jumat waktu Idul Adha serta Idul Fitri ini dilandaskan pada hadits yang dikisahkan Zaid bin Arqam. Berikut hadits yang disebut

عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِي رَمْلَةَ الشَّامِيِّ، قَالَ شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ وَهُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ قَالَ أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِي يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ ‏.‏ قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ فَقَالَ ‏ “‏ مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّ ‏”

Berarti: Ilyas bin Abu Ramlah Ash-Shami menjelaskan, saya lihat Mu’awiyah bin Abu Sufyan menanyakan pada Zaid bin Arqam: “Apa kamu bersama-sama Rasulullah SAW lakukan Sholat Jumat serta sholat ied waktu kedua-duanya berlangsung pada hari yang serupa?” Ia menjelaskan, “Ya,” lalu menanyakan lagi, “Bagaimana Rasulullah SAW melakukan?” Ia mengatakan. “Rasulullah SAW lakukan sholat ied, lalu meluluskan keinginan mereka yang akan Sholat Jumat, Rasulullah SAW selanjutnya menjelaskan, ‘Jika ada yang ingin lakukan Sholat Jumat karena itu ia bisa melakukan.” (HR Sunan Abu Dawud).

Hadits lain menerangkan hukum Sholat Jumat waktu perayaan Ied termasuk juga Idul Adha

الَ قَالَ عَطَاءٌ اجْتَمَعَ يَوْمُ جُمُعَةٍ وَيَوْمُ فِطْرٍ عَلَى عَهْدِ ابْنِ الزُّبَيْرِ فَقَالَ عِيدَانِ اجْتَمَعَا فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ فَجَمَعَهُمَا جَمِيعًا فَصَلاَّهُمَا رَكْعَتَيْنِ بُكْرَةً لَمْ يَزِدْ عَلَيْهِمَا حَتَّى صَلَّى الْعَصْ

Berarti: ‘Ata’ menceritakan, Sholat Jumat serta Ied berlangsung bertepatan di waktu Ibnu Al-Zubair. Ia menjelaskan, “2 hari raya (Ied serta Jumat) berlangsung pada hari yang serupa. Ia menggabungkan serta lakukan dua rakaat pada pagi hari serta tidak memberikan tambahan apa saja sampai melakukan sholat di siang hari.” (HR Sunan Abu Dawud).

Hukum Sholat Jumat waktu Idul Adha serta Idul Fitri diterangkan kembali lagi dalam hadits yang dikisahkan Nu’man bin Bashir. Hadits ini memperjelas keharusan imam pimpin sholat, bila ada jemaah yang ingin lakukan Sholat Jumat, waktu Ied serta Jumat berlangsung bertepatan.

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ، قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِـ ‏{‏ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى‏}‏ وَ ‏{‏ هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ‏}‏ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلاَتَيْنِ

Berarti: “Nu’man bin Bashir memberikan laporan, Rasulullah SAW biasa membaca Surat Al-A’la serta Al-Ghashiyah waktu sholat Ied serta Sholat Jumat. Saat Ied serta Jumat berlangsung bertepatan karena itu ia membaca dua surat ini di ke-2 sholat itu. ” (HR Muslim).

Dengan beberapa hadits itu muslim, khususnya lelaki, diinginkan tidak bingung berkaitan hukum Sholat Jumat waktu Idul Adha serta Idul Fitri. Muslim yang lakukan sholat ied bisa tidak lakukan Sholat Jumat, namun harus lakukan sholat dzuhur.

Add a Comment